Merancang Kelas Pembelajaran Kediklatan Yang Kondusif dengan Pendekatan NLP
Keywords:
Metode Pembelajaran, Building Learning Commitment, Neuro Linguistic Programme, Aplikasi NLP pada pembelajaran kediklatanAbstract
Salah satu tuntutan ASN pada dewasa ini adalah tuntutan untuk meningkatkan kompetensi masing masing profesi dalam menunaikan pekerjaan sehari hari, yang salah satunya diperoleh dari proses kediklatan. Dalam hal ini, ASN adalah orang dewasa sebagai peserta diklat pada kegiatan belaja mengajar tidak dapat diperlakukan seperti anak-anak didik biasa yang sedang duduk di bangku sekolah. Oleh sebab itu, harus dipahami bahwa orangdewasa yang tumbuh sebagai pribadi dan memiliki kematangan konsep diri bergerak dari ketergantungan seperti yang terjadi pada masa kanak-kanak menuju ke arah kemandirian atau pengarahan diri sendiri. Penulis sebagai salah satu tenaga pengajar pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi, berupaya membahas tantangan kediklatan dengan perkembangan bahwa tantangan kediklatan adalah bagaimana membelajarkan orang dewasa melalui pendidikan andragogi (orang dewasa) dapat dilakukan dengan berbagai metoda dan strategi yang diperlukannya. Pendekatan NLP sebagai upaya membangun Building Learning Commitment peserta diklat agar konsep dari peserta diklat yang sudah terbangun menjadi sumber belajar bersama dalam proses pembelajaran kediklatan yang kondusif.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Majalah Ilmiah Swara Patra agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.