IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KASUS BERBASIS KESETARAAN GENDER PADA DIKLAT ASN

Authors

  • Ahmad Nawawi

Keywords:

kesetaraan gender, diklat ASN, kualitas SDM

Abstract

Terjadinya perbedaan dalam mengakses, berpartisipasi, mengontrol dan memanfaatkan kegiatan dan peluang yang ada dalam masyarakat, yang merugikan salah satu pihak merupakan masalah yang sedangan dihadapi pemerintah saat ini (kesetaraan gender). Kesetaraan Gender adalah kesamaan kondisi bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial ,budaya, hankamnas, dan kesamaan dalam menikmati hasil pembangunan tersebut. (Inpres No. 9 Thn 2000). Untuk memberikan solusi isu kesetaraan gender ini, Kementrian PP–PA bekerjasama dengan Lembaga Adimistrasi Negara RI telah menyusun “Bahan Ajar Kasus Bebasis Kesetaraan Gender”. Bahan ajar dapat digunakan dalam proses pembelajaran baik pada diklat kepemimpinan maupun diklat prajabatan, untuk meningkatkan kualitas SDM yang memiliki benchmark kesetaraan gender dan dapat memecahkan berbagai masalah atau issu yang terkait dengan kesenjangan gender diberbagai bidang pembangunan di pusat dan daerah. Dengan dimasukkannya materi Bahan Ajar Kasus Berbasis Kesetaraan Gender Pada Diklat ASN ini diharapkan issu kesetaraan gender dapat di dihilangkan.

Published

2016-12-31

How to Cite

Nawawi, A. (2016). IMPLEMENTASI BAHAN AJAR KASUS BERBASIS KESETARAAN GENDER PADA DIKLAT ASN. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(4). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/133

Issue

Section

Articles