SISTEM LOAD SHEDDING PADA GENERATOR

Authors

  • Ahmad Nawawi

Keywords:

Frekuensi turun, sebagian beban (non vital) lepas

Abstract

Salah satu penyebab terjadinya penurunan frekuensi pada sistem tenaga listrik adalah terjadinya gangguan (trip) satu unit pembangkit dari beberapa pembangkit yang dioperasikan secara parallel. Hal ini mengakibatkan perbandingan daya terpasang dengan beban yang ditanggung tidak seimbang, sehingga bila tidak diantisipasi, system pengaman akan bekerja dan terjadi black out.
Salah satu strategi untuk mengantisipasi terhadap kemungkinan turunnya frekuensi adalah dengan system load shedding. Sistem load shedding dapat dilakukan oleh Programmable Logic Controller. Dengan melepas sebagian beban yang tidak vital, pembangkit yang masih bekerja dapat terhindar dari kerusakan dan juga pelayanan terhadap beban yang tinggal masih dapat dilayani. Sistem load sheding ini diasumsikan bekerja, bila satu unit generator mengalami gangguan (trip), sehingga sesuai dengan perhitungan, sistem akan mengalami penurunan frekuensi sebesar 0,367 Hz/dtk, setelah PLC bekerja pada step I, frekuensi kembali naik dengan laju 0,667 Hz/dtk.

Published

2015-12-31

How to Cite

Nawawi, A. (2015). SISTEM LOAD SHEDDING PADA GENERATOR. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 5(2). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/144

Issue

Section

Articles