Kewirausahaan dan Inovasi dalam E-Commerce
Keywords:
Inovasi, Kewiraswastaan, E-CommerceAbstract
Model usaha dan perdagangan dalam era digital sekarang ini sudah tidak bias lagi dibendung dengan kegiatan serupa yang masih manual. Masyarakat pada umumnya sudah “melek” aplikasi, dimana dengan aplikasi tersebut yang menjadi jembatan bagi “awam” dalam menggunakan teknologi Informasi terkhusus yang berbasis perdagangan baca:Commerce.
Kemajuan teknologi selalu memiliki dua mata pisau, dimana satu sisinya meningkatkan keuntungan sementara sisi yang lainnya memakan korban kerugian bahkan kebangkrutan. Sudah seringkali kita dengan sekarang ini banyak gerai toko offline yang terpaksa harus menutup gerainya karena pengunjung yang kian sepi, akan tetapi menurut Bank Indonesia, peredaran uang bahkan menunjukkan peningkatan. Kemana larinya transaksi-transaksi keuangan tadi? Tentunya transaksi yang kian meningkat terjadi pada toko-toko online sekaligus juga adanya peningkatan pada usaha-usaha distribusi barang.
Kewirausahaan online sekarang tidak dituntut untuk bisa membuat aplikasi sendiri, dengan menumpang aplikasi yang sudah ada kita sudah bias berusaha (menjadi wirausahawan) online, sangat mudah dan cepat. Kewirausahaan dan inovasi adalah munculnya disiplin untuk merespons secara proaktif perubahan dalam dunia e-commerce.
References
P.F. Drucker, Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles, Heinemann, London, 1994.
J. Sundbo, The Theory of Innovation: Entrepreneurs, Technology and Strategy, Edward Elgar, Massachusetts, 1998.
M.L. Pully, J. McCarthy, S. Taylor, E-Leadership in the networked economy, Leadership in Action 20/3 (2000) 1-7.
M. Singh, D. Waddell, E-Business Innovatin and Change Management, IRM Press, London, 2004.
D. Johnson, What is innovation and entrepreneurship? Lesson for large organizations, Industrial and Commercial Training 33/4 (2001) 135-140.
T. Miller, Top Ten Lessons From the Internet Shakeout, Webmergers.com, 2002
D.P. Slevin, J.G. Covin, Juggling entrepreneurial style and organizational structure – how to get your act together, Sloan Management Review 4 (1990) 43-53.
H. Grupp, Managing New Product Development and Innovation: A MicroeconomicToolbox., Edward Elgar, Cheltenham, 2001.
A. Arora, A. Fosfuri, A. Gambardella, Markets for Technology: The Economics of Innovation and Corporate strategy, MIT Press, Cambridge, 2002.
P. Stoneman, Handbook of the Economics of Innovation and Technological Change, Blackwell, Oxford, 1995.
J. Schumpeter, The Theory of Economic Development, Harvard, New York, 1934.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
An author who publishes in the Majalah Ilmiah Swara Patra agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.