Analisis Kinerja Natural Draft Cooling Tower di Unit Kilang Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Authors

  • Anwar Setiya Anugrah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Fadel Aji Firmansyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Raka Ade Ilhamsyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Mukhamad Faeshol Umam PPSDM MIGAS

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2021-1/270

Keywords:

Cooling Tower, Efektivitas, Make-up water, Kapasitas Pendingin

Abstract

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) mengelola unit kilang yang digunakan untuk pengolahan minyak mentah dari P.T. Pertamina Eksplorasi dan Produksi. Minyak mentah tersebut diolah menjadi produk-produk hasil olahan yang meliputi solven, solar dan residu. Sebelum produk olahan ini disimpan di tangki penampungan, harus didinginkan menggunakan condenser dan cooler untuk mengubahnya menjadi fasa cair. Air panas dari condenser dan cooler ini kemudian didinginkan menggunakan Natural draft Cooling Tower . Penelitian tentang Natural draft Cooling Tower di PPSDM Migas ini bertujuan untuk mencari parameter-parameter yang mempengaruhi kinerja Natural draft Cooling Tower seperti efisiensi, make up water dan juga kapasitas perpindahan panas dari Unit Cooling Tower . Dalam penulisan ini, peneliti menggunakan metode penelitian langsung di lapangan untuk mengetahui fenomena yang terjadi pada Cooling Tower . Sedangkan kinerja Natural draft Cooling Tower dihitung menggunakan metode perhitungan. Hasil penelitian menunjukkan efektifitas aktual Cooling Tower adalah 79,4 %, kapasitas pendinginan 2477,477 Kj/s, dan nilai make-up water 2,37 m3/jam. Hal ini menunjukkan kinerja dari Cooling Tower sudah menurun jika dibandingkan desain awal efektivitas Cooling Tower adalah sebesar 83%.

References

Bureau of Energy Efficiency. (t.thn.). Diambil kembali dari https://beeindia.gov.in/sites/default/files/3Ch7.pdf
Herlambang, R. (2014). Diambil kembali dari eprints UNDIP: http://eprints.undip.ac.id/44134/3/BAB_II.pdf
Pranto Busono, S. P. (2020). ANALISA KEBUTUHAN MAKE UP WATER COOLING TOWER. Buletin Pengelolaan Reaktor Nuklir, 38-44.
Putra, R. S. (2015). ANALISA PERHITUNGAN BEBAN COOLING TOWER. JURNAL TEKNIK MESIN, 56.
PPSDM Migas (2020). Standard Operating Prosedur Cooling Tower Unit Pengolahan Minyak Bumi. Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan gas Bumi. Cepu.

Published

2021-03-31

How to Cite

Anugrah, A. S., Firmansyah, F. A. ., Ilhamsyah, R. A. ., & Umam, M. F. . (2021). Analisis Kinerja Natural Draft Cooling Tower di Unit Kilang Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi . Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 11(1), 1–13. https://doi.org/10.37525/sp/2021-1/270