Pneumatic Test Pipa Polyetylene pada Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga

Authors

  • Ikhsan Kholis
  • Valentine Conny Putri Perdana

Keywords:

Pneumatic Test, Jargas, Pipa Polyethylene

Abstract

Pneumatic test adalah salah satu bagian dari kegiatan pengujian dengan cara memberikan atau memasukkan udara bertekanan dengan volume tertentu serta dalam jangka waktu tertentu untuk mengetahui kekuatan benda uji dalam menerima tekanan yang sesuai atau melebihi dari tekanan kerja yang diterima benda uji tersebut. Jaringan distribusi gas bumi untuk rumah tangga (jargas) merupakan kegiatan mengalirkan gas bumi melalui jaringan pipa hingga ke kompor gas rumah tangga. Sistem perpiaan tersebut dapat dikategorikan sebagai pipa penyalur yang wajib dilakukan pemeriksaan keselamatan kerja (Kepdirjen Migas No.84.K/38/ DJM/ 1998). Pipa polyethylene (PE) adalah pipa yang terbuat dari minyak mentah yang telah diproses secara fsis dan kimia sehingga memiliki karakteristik fleksibilitas yang tinggi, tahan akan temperatur rendah, ringan, tahan terhadap korosi dan abrasi dan memiliki life time s.d. 50 tahun. Jenis pipa PE yang karakteristiknya cocok digunakan untuk pipa jargas adalah Medium Density Polyethylene (MDPE). Sesuai dengan SNI No 13-3507-1994 tentang Konstruksi Pipa Polyethylene untuk Gas Bumi, pneumatic test merupakan salah satu pengujian untuk mengetahui kebocoran serta kekuatan pipa dan sambungan – sambungannya dan merupakan hold point dalam penerbitan Sertifkat Kelayakan Penggunaan Peralatan (SKPP).

References

Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, 2013, Pembangunan Jaringan Gas Bumi Untuk Rumah Tangga, Jakarta.

Indonesia, Dewan Standardisasi Nasional, Standar Nasional Indonesia Nomor 13-3507-1994, Konstruksi Sistem Pipa Polyethylene Untuk Gas Bumi.

Indonesia, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Keputusan Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Nomor 84.K/ 38/ DJM/ 1998, Pedoman dan Tata Cara Pemeriksaan Keselamatan Kerja atas Instalasi, Peralatan dan Teknik yang Dipergunakan dalam Usaha Pertambangan Minyak dan Gas Bumi dan Pengusahaan Sumber Daya Panas Bumi.

M. Mohitpour, H. Golshan, A. Murray, 2000, “Pipeline Design and Construction, A PracticalApproach”, New York.

Mc Allister, E.W., 1992, Pipeline Rules of Thumb Handbook 2nd”.,Gulf PublishingCompanay, Texas.

Published

2018-06-01

How to Cite

Kholis, I., & Perdana, V. C. P. (2018). Pneumatic Test Pipa Polyetylene pada Jaringan Distribusi Gas Bumi untuk Rumah Tangga. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(2), 37–47. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/27

Issue

Section

Articles