PENGUJIAN MEKANIK PADA KUALIFIKASI WPS/PQR SMAW WELDING PIPA API 5L X42 BERDASARKAN API 1104

Authors

  • Ikhsan Kholis

Keywords:

WPS, PQR, Uji Mekanik, SMA W welding

Abstract

Kualifikasi prosedur pengelasan (Welding Procedure Specifiction/WPS) disiapkan untuk memberikan panduan bagi juru las atau operator las dalam melaksanakan pengelasan produksi yang memenuhi persyaratan standard dan code. Data-data hasil pengujian dan parameter dari pengelasan yang dilaksanakan berdasarkan WPS yang berisi variabelvariabel yang digunakan selama pengelasan dicatat sebagai Procedure Qualification Record (PQR).
Tahapan kualifikasi WPS dan PQR adalah pembuatan test coupon, pengelasan test coupon, pengujian spesimen dari test coupon, serta pemeriksaan hasil pengujian. Kualifikasi dilakukan pada prosedur pengelasan SMAW pada pembuatan pipeline. Pemeriksaan hasil pengujian mekanik dilakukan berdasarkan API 1104 – 2013, yaitu Tension test, Bending test dan Nickbreak test.

Published

2015-12-31

How to Cite

Kholis, I. (2015). PENGUJIAN MEKANIK PADA KUALIFIKASI WPS/PQR SMAW WELDING PIPA API 5L X42 BERDASARKAN API 1104. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 5(4). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/159

Issue

Section

Articles