Kewirausahaan dan Inovasi dalam E-Commerce

Authors

  • Gunawan Hendro Cahyono

Keywords:

Inovasi, Kewiraswastaan, E-Commerce

Abstract

Model usaha dan perdagangan dalam era digital sekarang ini sudah tidak bias lagi dibendung dengan kegiatan serupa yang masih manual. Masyarakat pada umumnya sudah “melek” aplikasi, dimana dengan aplikasi tersebut yang menjadi jembatan bagi “awam” dalam menggunakan teknologi Informasi terkhusus yang berbasis perdagangan baca:Commerce.
Kemajuan teknologi selalu memiliki dua mata pisau, dimana satu sisinya meningkatkan keuntungan sementara sisi yang lainnya memakan korban kerugian bahkan kebangkrutan. Sudah seringkali kita dengan sekarang ini banyak gerai toko offline yang terpaksa harus menutup gerainya karena pengunjung yang kian sepi, akan tetapi menurut Bank Indonesia, peredaran uang bahkan menunjukkan peningkatan. Kemana larinya transaksi-transaksi keuangan tadi? Tentunya transaksi yang kian meningkat terjadi pada toko-toko online sekaligus juga adanya peningkatan pada usaha-usaha distribusi barang.
Kewirausahaan online sekarang tidak dituntut untuk bisa membuat aplikasi sendiri, dengan menumpang aplikasi yang sudah ada kita sudah bias berusaha (menjadi wirausahawan) online, sangat mudah dan cepat. Kewirausahaan dan inovasi adalah munculnya disiplin untuk merespons secara proaktif perubahan dalam dunia e-commerce.

References

P.F. Drucker, Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles, Heinemann, London, 1994.

J. Sundbo, The Theory of Innovation: Entrepreneurs, Technology and Strategy, Edward Elgar, Massachusetts, 1998.

M.L. Pully, J. McCarthy, S. Taylor, E-Leadership in the networked economy, Leadership in Action 20/3 (2000) 1-7.

M. Singh, D. Waddell, E-Business Innovatin and Change Management, IRM Press, London, 2004.

D. Johnson, What is innovation and entrepreneurship? Lesson for large organizations, Industrial and Commercial Training 33/4 (2001) 135-140.

T. Miller, Top Ten Lessons From the Internet Shakeout, Webmergers.com, 2002

D.P. Slevin, J.G. Covin, Juggling entrepreneurial style and organizational structure – how to get your act together, Sloan Management Review 4 (1990) 43-53.

H. Grupp, Managing New Product Development and Innovation: A MicroeconomicToolbox., Edward Elgar, Cheltenham, 2001.

A. Arora, A. Fosfuri, A. Gambardella, Markets for Technology: The Economics of Innovation and Corporate strategy, MIT Press, Cambridge, 2002.

P. Stoneman, Handbook of the Economics of Innovation and Technological Change, Blackwell, Oxford, 1995.

J. Schumpeter, The Theory of Economic Development, Harvard, New York, 1934.

Published

2018-03-01

How to Cite

Cahyono, G. H. (2018). Kewirausahaan dan Inovasi dalam E-Commerce. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(1), 80–92. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/19

Issue

Section

Articles