Audit Energi Pada Gedung PPSDM Migas

Authors

  • Sonden Winarto

Keywords:

energi, penghemata

Abstract

Gedung PPSDM MIGAS sepertihalnya sama dengan kantor, hotel, rumah sakit, apartmen, pusat belanja dan rumah tinggal merupakan konsumen energi listrik yang cukup besar dalam skala nasional. Bangunan gedung modern menggunakan berbagai sarana untuk memberi kenyamanan bagi penghuni dan tamunya. Sarana yang memberikan kenyamanan ini disebut dengan utilitas bangunan dengan distribusi pemakaian listrik, diantaranya sistem tata udara, sisten tata cahaya dan Peralatan lain. Standar konservasi pada bangunan gedung dimaksudkan sebagai pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam perencarnaan, pelaksanaan, pengawasan dan pengelolaan bangunan gedung untuk mencapai penggunaan energi yang efisien. Audit energi adalah bagian dari Konservasi energi yang di lakukan  bertujuan mengidentifikasi dan mencari peluang penghematan energi tanpa mergurangi persyaratan kenyamanan dan keselamatan kerja bagi penghuni maupun tamu.

References

Parlindungan Marpaung, Ir, 2007, Audit Energi Sistem Tata Udara Bangunan Gedung, Pusdiklat Ketenagalistrikan, Energi Baru Terbarukan, dan Konservasi Energi.

SNI nomor 6197 : 2011 dengan judul Standard Konservasi energi tata cahaya

SNI nomor 6389 : 2011 dengan judul Standard Konservasi energi selubung bangunan pada bangunan gedung.

SNI nomr 6390 : 2011 dengan judul Standard Konservasi energi tata udara pada bangunan gedung.

W.F. Stoecker and J.W. Jones, 1994, Refrigeration and Air Conditioning, cetakan kedua 1989, penerbit Erlangga, Jakarta.

Wiranto Arismunandar dan Heizo Saito, 1995, Penyegaran Udara, cetakan kelima, penerbit PT. Pradnya Paramita (persero), Jakarta.

Published

2019-04-12

How to Cite

Winarto, S. (2019). Audit Energi Pada Gedung PPSDM Migas. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 9(1), 30–43. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/181