OPTIMASI ENERGI POMPA

Authors

  • Sonden Winarto

Abstract

Mengapa kita harus berhemat terhadap ENERGI ? Perkembangan pebangunan industri dan gedung yang sangat drastis pada era globalisasi sekarang, menuntut penggunaan energi pada industri maupun gedung tersebut sangat tinggi.
Kenaikan Energi yang di gunakan pada industri maupun gedung bukanlah jumlah yang sedikit sementara perkembangan pasokan energi sangat lamban tidak berbanding lurus dengan perkembangan kebutuhan energi tersebut.
Alternatif penambahan pasokan energi sangatlah tidak mungkin terwujud dalam waktu dekat, maka diperlukan solusi dalam mengatasi kekurangan pasokan energi khususnya kebutuhan energi pada industri dan bangunan.
Menurut asosiasi pompa Inggris atau Britis Pump Manufacturers Association (BPMA) 20% energi dunia di gunakan oleh pompa dan 95% terpasang over sized. Salah satu solusi untuk mencukupi kebutuhan energi tersebut adalah dengan Optimalisasi energi, menjadi menarik bagi masyarakat khususnya industri dan bangunan komersil mengingat fraksi biaya energinya cukup tinggi dalam biaya operasi keseluruhan

Published

2016-12-31

How to Cite

Winarto, S. (2016). OPTIMASI ENERGI POMPA. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(2). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/175

Issue

Section

Articles