Otomasi Sistem Pengosongan Tangki T101 dan T102 untuk Pengolahan Kilang PPSDM MIGAS Menggunakan PLC

Authors

  • Nurpadmi Nurpadmi

Keywords:

otomasi sistem, Sistem pengosongan tangki, Programmable Logic Contoller (PLC)

Abstract

Seiring Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, penggunaan sistem otomasi juga makin banyak digunakan untuk membantu mempermudah dan meringankan pekerjaan operator.
Sistem pengambilan crude oil dari tangki T101 dan T102 untuk proses produksi pengolahan kilang PPSDM Migas selama ini masih dilakukan secara manual. Apabila akan dilakukan pengolahan minyak, pengambilan bahan mentah berupa crude oil dari tangki, operator harus membuka valve secara manual di lapangan. Begitu juga untuk mengukur level tangki tersebut, operator harus mengecek langsung ke tangki, baik melalui side glass yang ada di samping tangki ataupun dengan cara mengukur manual dengan menggunakan roll meter atau deep stick.
Hal ini cukup merepotkan dan memberatkan pekerjaan operator, disamping itu volume crude oil kadang kurang akurat akibat adanya kesalahan operator dalam membaca level tangki. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dibuatlah system otomasi untuk system pengosongan/pengambilan crude oil dengan menggunakan PLC, dengan menggantikan system manual dan mampu mempermudah pekerjaan operator.
Programmable Logic Contoller (PLC) merupakan salah satu jenis sistem kontrol yang banyak digunakan pada system otomasi. Pada system otomasi pada makalah ini, digunakan PLC Allan Bradley MicroLogic, dengan software RS Logix 5000.
Dari hasil desain program yang telah dilakukan, diperoleh hasil sequence program pengosongan tangki T101 dan T102 secara berurutan dimana system bukaan valve dilakukan secara otomatis dan level tangki dapat di baca secara jarak jauh dari control room dengan menggunakan Level Transmitter.

References

Nurpadmi. (2015, Vol.05 No.2.2015). Otomatisasi sistem pengisian crude oil pada tangki T101 dan T102 di Pusdiklat Migas Cepu. Swara Patra, Majalah Ilmiah Pusdiklat , pp. 86 - 95.

Hakiim, Khalaqas. Nur Rahman, Ikhsan. 2015. ‘Sistem Pengisian Crude Oil Pada Storage Tank Berbasis PLC’, MIPA, UGM

https://dedyplc.fles.wordpress.com/2012/12/plc2.jpg

Tim Pusdiklat Migas Cepu.Crude Destilation Unit dan Peralatan Proses Kilang. Pusdiklat MIgas Cepu. Cepu

George, RA. 1994. Sistem Pengendalian Instrument dan Control Valve. Cepu : Pengembangan Tenaga Perminyakan dan Gas Bumi (PPT MIGAS)

Suko Handoyo Budi, Programable Logic Control (PLC), PUSDIKLAT MIGAS, Cepu, 2002

Published

2018-03-01

How to Cite

Nurpadmi, N. (2018). Otomasi Sistem Pengosongan Tangki T101 dan T102 untuk Pengolahan Kilang PPSDM MIGAS Menggunakan PLC. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(1), 68–79. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/18

Issue

Section

Articles