MAGNETIC PARTICLE INSPECTION (MPI) SEBAGAI SALAH SATU METODE INSPEKSI MENARA PENGEBORAN

Authors

  • Agus Alexandri
  • Tunjung Sugandika

Keywords:

pemeriksaan, rig, menara, NDT, Magnetic Particle Inspection (MPI), Yoke

Abstract

Kegiatan usaha minyak dan gas bumi adalah kegiatan yang berbiaya tinggi dan beresiko tinggi, maka dari itu perlu dilakukan perhitungan dengan seksama terkait semua aspek yang ada. Direktorat Jenderal Migas c.q. Direktorat Teknik dan Lingkungan Migas memiliki tugas untuk menjamin kelayakan penggunaan suatu peralatan sehingga dapat menciptakan suatu instalasi yang aman dan layak untuk digunakan dalam operasi kegiatan minyak dan gas bumi.
Menara pemboran adalah salah satu komponen utama dalam kegiatan pemboran minyak dan gas bumi. Untuk itu perlu dilakukan pemeriksaan untuk menjamin kualitas dari menara yang dihasilkan sehingga sesuai dengan standar yang ada dan aman untuk digunakan. Magnetic Particle Inspection (MPI) adalah salah satu metode Non Destructive Test (NDT) untuk melakukan pemeriksaan dalam memastikan bahwa suatu peralatan khususnya menara dalam kondisi aman dan layak untuk digunakan.
Dengan dipastikan keamanan dan kelayakan menara sebagai komponen pendukung suatu instalasi pemboran, maka dapat disimpulkan keamanan dan kelayakannya.

Published

2017-12-31

How to Cite

Alexandri, A., & Sugandika, T. (2017). MAGNETIC PARTICLE INSPECTION (MPI) SEBAGAI SALAH SATU METODE INSPEKSI MENARA PENGEBORAN. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 7(1). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/169

Issue

Section

Articles