ANALISA SISTEM NODAL DALAM METODE ARTICIAL LIFT

Authors

  • Ganjar Hermadi

Keywords:

analisa sistem nodal, artificial lift

Abstract

Dalam industri migas khususnya bidang teknik produksi, analisa sistem nodal merupakan salah satu metode yang paling sering digunakan dalam penentuan laju produksi sumur natural flow. Persamaan inflow performance relationship (IPR) disubstitusikan ke dalam persamaan outflow performance relationship, atau dalam hal ini dapat disebut sebagai Tubing Performance Relationship (TPR), untuk memperoleh laju produksi dan tekanan operasi tanpa membuat grafik terlebih dahulu. Persamaan hasil substitusi ini memerlukan laju alir sebagai input yang juga merupakan output sehingga menyebabkan persamaan ini harus diselesaikan secara numerik dengan proses iterasi. Laju alir optimum yang dihasilkan kemudian di-validasi menggunakan program yang sudah ada.
Lebih jauh lagi bisa dilakukan sensistivitas dengan melibatkan performa dari Artificial Lift. Hal ini dilakukan jika kondisi suatu sumur sudah tidak lagi mengalir secara alami (natural flow), sehingga pengangkatan buatan diperhitungkan dalam analisa system nodal. Outflow performance dari suatu Artificial Lift (misal sebuah pompa) dapat dilibatkan kedalam Inflow Performance reservoir sehingga dapat diperoleh spesifikasi pompa optimum untuk sumur tersebut.

Published

2016-12-31

How to Cite

Hermadi, G. (2016). ANALISA SISTEM NODAL DALAM METODE ARTICIAL LIFT. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(2). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/121

Issue

Section

Articles