OPTIMASI POMPA PCP DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SISTEM NODAL

Authors

  • Ganjar Hermadi

Abstract

Progressive Cavity Pump (PCP) adalah salah satu jenis pompa yang digunakan dalam industri perminyakan sebagai alat pengangkatan buatan. PCP merupakan salah satu alternatif yang baik untuk pengangkatan buatan karena mempunyai kekompakan dan efisiensi yang tinggi dengan biaya yang rendah dibandingkan pompa lainnya.
PCP merupakan pompa yang mempunyai prinsip kerja sebagai positive displacement pump. PCP mempunyai dua komponen utama yang berada dibawah permukaan, yaitu rotor dan stator. Rotor berbentuk single helix dan berputar dalam stator yang berbentuk double helix. Rotor tersebut digerakkan oleh rod yang dihubungkan dengan motor yang berada di permukaan. Perputaran rotor dalam stator akan membentuk rongga yang seolah–olah bergerak ke atas dengan membawa fluida produksi ke permukaan.
Studi dalam tulisan ini menganalisa perbedaan tekanan yang dihasilkan oleh pompa PCP. Dari perbedaan tekanan pompa PCP tersebut dapat ditentukan tekanan suction dari pompa yang kemudian dapat diplot sebagai kurva pump intake dari pompa. Jika kurva pump intake tersebut diplot bersama kurva IPR, maka perpotongan yang dihasilkan merupakan harga laju produksi optimum dari pompa PCP tersebut.

Published

2013-12-31

How to Cite

Hermadi, G. (2013). OPTIMASI POMPA PCP DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA SISTEM NODAL. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 3(4). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/100

Issue

Section

Articles