Pengontrolan Rasio Udara dan Bahan Bakar pada Boiler PPSDM Migas Menggunakan DCS

Authors

  • Nurpadmi Nurpadmi

Keywords:

Distributed Control System (DCS), kontrol ratio, boiler

Abstract

Untuk mendapatkan kualitas pembakaran yang baik, khususnya sistem pembakaran di Boiler, perbandingan jumlah udara dan bahan bakar harus dijaga pada nilai yang optimal dengan menggunakan air/fuel ratio control (ratio antara udara/bahan bakar. Jumlah udara yang terlalu sedikit, akan menyebabkan terlalu sedikit oksigen yang digunakan untuk mengubah bahan bakar hidrokarbon menjadi karbon dioksida dan air. Jumlah udara terlalu sedikit juga berarti pemborosan bahan bakar, karena tidak semua bahan bakar yang digunakan terbakar dan menjadi energi. Selain itu jumlah udara yang terlalu banyak juga akan menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Hal ini disebabkan karena kelebihan oksigen dan nitrogen akan menyebabkan terserapnya energi dalam pembakaran dan sisa gas buang ini akan dibuang melewati stack, sehingga sebagian energi yang dihasilkan akan terbuang dan menyebabkan tekanan operasi menurun. Kondisi pembakaran dapat ditinjau dari sisa oksigen yang dihasilkan. Prosentase oksigen pada gas sisa untuk pembakaran yang optimal untuk bahan bakar gas alam berada di rentang 1.5% - 3%.
Untuk menjaga perbandingan jumlah udara dan bahan bakar dalam rangka mendapatkan kualitas pembakaran yang optimal maka dibuat desain kontrol rasio dengan menggunakan Distributed Control System DCS.
Pada tulisan ini dicoba didesain sistem kontrol rasio dengan menggunakan sistem blok kontrol DCS .

References

Adila, Virtu. 2013. Pengendalian Rasio Bahan Bakar dan Udara Pada Boiler Menggunakan Metode Kontrol Optimal Linier Quadratic Regulator (LQR). Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Ardiansyah, Mohammad Nova. 2007. Perancangan dan Simulasi Kontrol Optimal dengan Metode Linear Quadratic Gaussian Dalam Pengendalian Level dan Feedwater pada Steam Drum Boiler di PLTU Paiton Unit 7 dan 8. Malang: Skripsi Teknik Elektro Universitas Brawijaya.

Haiming Qiu dan Ming Rao. 1993. Process Control Engineering. Pennsylvania: gordon and breach science publishers

Jack, Hugh. 2001. Dynamic System Modeling and Control. Michigan: Padnos School of Engineering.

Lennart Ljung dan Torkel Glad. 1994. Modeling of Dynamic Systems. New Jersey: PTR Prentice Hall.

Ogata, K. 1995. Teknik Kontrol Automatik Automatik (Sistem Pengaturan). Jilid 1. Diterjemahkan oleh: Leksono, Edi. Jakarta: Erlangga.

Santoso M.H, Handi., Nazaruddin,Yul Y., Muchtadi, Farida I,Martin. 2007. Boiler Performance Optimization Using Fuzzy Logic Controller. Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sudiono, Kodar. 2010. Perancangan Sistem Kontrol dan Optimasi Rasio Udara dan Bahan Bakar pada Boiler di Pt. Petrokimia Gresik Berbasis Jaringan Syaraf Tiruan dan Algoritma Genetik. Surabaya: Skripsi Teknik Fisika Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS)

Published

2018-11-29

How to Cite

Nurpadmi, N., & Labaik. (2018). Pengontrolan Rasio Udara dan Bahan Bakar pada Boiler PPSDM Migas Menggunakan DCS. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(4), 37–43. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/10

Issue

Section

Articles