Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia PPSDM Migas Berdasarkan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Berbasis Model ADDIE

Authors

  • Maya Novita Sari Universitas Sebelas Maret
  • Kristina Sari Universitas Sebelas Maret
  • Novi Hery Yono Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2025-2/872

Keywords:

ADDIE, kompetensi, pelatihan, sumber daya manusia

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dalam pengembangan kompetensi pegawai di PPSDM Migas. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelatihan yang bertujuan meningkatkan kompetensi pegawai serta efektivitas organisasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif analitis. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pejabat struktural serta analisis dokumen terkait perencanaan dan evaluasi pelatihan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan model ADDIE memungkinkan identifikasi kebutuhan pelatihan yang lebih sistematis dan sesuai dengan standar kompetensi sektor migas. Proses analisis kebutuhan pelatihan (AKPK) membantu mengidentifikasi kesenjangan kompetensi pegawai, sementara perancangan pelatihan berbasis jabatan dan penempatan memastikan relevansi materi pelatihan. Implementasi pelatihan mencakup metode blended learning, workshop, serta simulasi studi kasus yang mendukung peningkatan keterampilan teknis dan manajerial pegawai. Evaluasi pelatihan menunjukkan peningkatan kompetensi pegawai yang signifikan, meskipun terdapat tantangan dalam adopsi teknologi dan pengelolaan konflik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pendekatan berbasis model ADDIE dalam pengembangan SDM di sektor publik guna meningkatkan daya saing organisasi secara berkelanjutan.

References

Ahmad, A. S., & Ismail, H. N. (2024). Social-emotional learning and teacher competency: A systematic review of emotional resilience. Journal of Contemporary Social Science & Education Studies, 4(3), 9–22.

Armizawati, A., & Asmendri, A. (2022). Pelatihan model ADDIE dalam meningkatkan kinerja pegawai perpustakaan. Al Maktabah: Jurnal Kepustakawanan dan Informasi, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.24252/maktabah.v7i1.2734

Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL). (2022). CASEL framework of social and emotional learning competencies. Dalam A systematic review of instruments measuring social and emotional skills in school-aged children and adolescents (Spring-based review).

Fadillah, N., Pratama, A., & Febriantina, S. (2021). Pengembangan desain pelatihan penggunaan digital learning platform bagi mahasiswa bidang pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(2), 387–400.

Frontiers Editorial. (2024). Effects of applying blended learning based on the ADDIE model in nursing staff training on improving theoretical and practical operational aspects. Frontiers in Medicine.

Irianto, J., Asmorowati, S., & Santoso, Y. H. (2022). Pengembangan manajemen pelatihan sumber daya manusia berbasis sistem ADDIE pada aparatur di BPSDM Provinsi Jawa Timur: Digitalisasi training needs. Jurnal Layanan Masyarakat (Journal of Public Service), 6(2), 511–520. https://doi.org/10.20473/jlm.v6i2.40082

Nasution, N., & Taufik, B. (2025). Effectiveness of ADDIE model implementation in the development of learning media based on digital teaching materials. International Seminar of Islamic Studies (INSIS).

Saifudin, M., Al Hakam, A. A., & Ismail, I. (2021). Model pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia di era digital. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), 144–153. https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.18976

Sabuhari, R., Soleman, R., Man Soleman, M., Fahri, J., & Rachmat, M. (2025). Organisational justice moderates the link between leadership, work engagement and innovation work behaviour. ArXiv Preprints.

Tiwow, K., & Sugiarto, A. (2024). ADDIE model-based training management as an effort to improve employee competence (Case study at Ramayana Department Store Salatiga). Journal of Management and Business Review, 21(1), 35–48.

Trihapsari, C., Mujahidah, F., & Humairoh, N. (2021). Enhancement of the quality of human resources through training and development programs in schools. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 145–156. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/al-tanzim/index

Published

2025-09-30

How to Cite

Maya Novita Sari, Kristina Sari, & Yono, N. H. (2025). Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia PPSDM Migas Berdasarkan Analisis Kebutuhan Diklat (AKD) Berbasis Model ADDIE. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 15(2). https://doi.org/10.37525/sp/2025-2/872