Studi Deskriptif Implementasi Pembelajaran Daring melalui Learning Management System di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi
DOI:
https://doi.org/10.37525/sp/2021-2/284Keywords:
Pembelajaran Daring, Sistem Manajemen PembelajaranAbstract
Era pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembelajaran secara daring adalah salah satu alternative yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh gambaran pelaksanaan pembelajaran daring di PPSDM MIGAS. Metodologi Penelitian yang dilakukan adalah dengan survey melalui angket dengan google form yang disebar kepada stake holder penyelengara pelatihan dan pengajar (Widyaiswara dan instruktur).
Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa 97,6% menyatakan PPSDM MIGAS melaskanakan pembelajaran daring, 95,1% menyatakan pembelajaran dari adalah kombinasi Video conference dan LMS, 82,9% mampu menyelenggarakan pembelajaran daring, 95,1% lebih senang dengan zoom daripada platform lainnya, 80,5% lebih senang Whatsapp grup sebagai asinkron dalam pembelajaran online, 22% menerima bandwith di bawah 10 Mbps.Secara keseluruhan hasil ini menyatakan bahwa Stakeholder PPSDM MIGAS siap melaksanakan pembelajaran daring akan tetapi masih diperlukan pengembangan SDM baik dalam pengelolaan LMS dan dalam membuat bahan bahan tayang dan media pembelajaran dalan bentuk video, simulasi dan sebagainya.
References
Akhlis Munazilin, Mushidah, Lili Tansliova et all. (2020). PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI INDONESI (Kumpulan Esai). Situbondo: Bashish Publishing .
Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Universitas Jambi, 214 - 224.
ESDM, S. J. (2020). Surat Edaran. Jakarta: Setjen ESDM.
Hilna Putria . (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education , 861 - 872.
Novy Trisnani, M. (2019). Modul Teknik Sampling dan Survey. Wates Kulon Progo: IKIP PGRI Wates.
Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, MS.IEC . (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Mohammad Hasan Syukur
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the Majalah Ilmiah Swara Patra agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work (See The Effect of Open Access).
Read more about the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Licence here: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/.