Studi Deskriptif Implementasi Pembelajaran Daring melalui Learning Management System di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Authors

  • Mohammad Hasan Syukur PPSDM Migas

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2021-2/284

Keywords:

Pembelajaran Daring, Sistem Manajemen Pembelajaran

Abstract

Era pandemi covid-19 telah mengganggu proses pembelajaran secara konvensional. Maka diperlukan solusi untuk menjawab permasalahan  tersebut.  Pembelajaran  secara  daring  adalah  salah satu alternative yang dapat mengatasi masalah tersebut. Tujuan   penelitian   adalah   untuk   memperoleh   gambaran   pelaksanaan   pembelajaran   daring   di   PPSDM   MIGAS.   Metodologi Penelitian yang dilakukan adalah dengan survey melalui angket dengan google form yang disebar kepada stake holder  penyelengara  pelatihan  dan  pengajar  (Widyaiswara  dan instruktur).

Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa 97,6% menyatakan PPSDM  MIGAS  melaskanakan  pembelajaran  daring,  95,1%  menyatakan   pembelajaran   dari   adalah   kombinasi   Video   conference   dan   LMS,   82,9%   mampu   menyelenggarakan   pembelajaran   daring,   95,1%   lebih   senang   dengan   zoom   daripada  platform  lainnya,  80,5%  lebih  senang  Whatsapp  grup   sebagai   asinkron   dalam   pembelajaran   online,   22%   menerima  bandwith  di  bawah  10  Mbps.Secara  keseluruhan  hasil  ini  menyatakan  bahwa  Stakeholder  PPSDM  MIGAS  siap  melaksanakan  pembelajaran  daring  akan  tetapi  masih  diperlukan  pengembangan  SDM  baik  dalam  pengelolaan  LMS  dan  dalam  membuat  bahan  bahan  tayang  dan  media  pembelajaran dalan bentuk video, simulasi dan sebagainya.

References

Akhlis Munazilin, Mushidah, Lili Tansliova et all. (2020). PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR (KBM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PERGURUAN TINGGI INDONESI (Kumpulan Esai). Situbondo: Bashish Publishing .

Ali Sadikin, A. H. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi Universitas Jambi, 214 - 224.

ESDM, S. J. (2020). Surat Edaran. Jakarta: Setjen ESDM.

Hilna Putria . (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVID-19 pada Guru Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Research & Learning in Elementary Education , 861 - 872.

Novy Trisnani, M. (2019). Modul Teknik Sampling dan Survey. Wates Kulon Progo: IKIP PGRI Wates.

Prof. Dr. F. Ridwan Sanjaya, MS.IEC . (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat. Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.

Waryanto, N. H. (2006). On-line Learning Sebagai Salah Satu Inovasi Pembelajaran. Pythagoras, 2(1), 10–23.

Published

2021-09-30

How to Cite

Hasan Syukur, M. (2021). Studi Deskriptif Implementasi Pembelajaran Daring melalui Learning Management System di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 11(2), 17–30. https://doi.org/10.37525/sp/2021-2/284