Best Practices Pembangunan Zona Integritas Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

Authors

  • Galih Adi Nugroho Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi
  • Ahmad Dafa Bahits Rizqulloh Universitas Diponegoro
  • Eko Nugroho Budi Santosa Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2025-2/1119

Keywords:

Kualitas Layanan, Manajemen Perubahan, Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, Zona Integritas

Abstract

Zona Integritas (ZI) merupakan elemen kunci dalam reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan mengintegrasikan inovasi dan kebijakan guna meningkatkan efektivitas dan kualitas layanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Zona Integritas di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas), serta mengevaluasi dampaknya terhadap kinerja organisasi dan kualitas layanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang berfokus pada strategi dan implementasi ZI di lingkungan PPSDM Migas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPSDM Migas telah melaksanakan berbagai langkah strategis dalam penerapan Zona Integritas, seperti peningkatan standar pelayanan, penguatan tata kelola, dan penegakan integritas. Implementasi tersebut berdampak positif terhadap kinerja institusi dan kepuasan pengguna layanan. Selain itu, penelitian ini memberikan kontribusi baru pada literatur dengan menambah pemahaman khususnya pada aspek manajemen perubahan dalam implementasi Zona Integritas, sehingga dapat menjadi referensi penting bagi institusi lain yang ingin menjalankan reformasi birokrasi secara berkelanjutan. Temuan ini dapat menjadi referensi bagi institusi lain dalam mengimplementasikan reformasi birokrasi secara berkelanjutan.

References

Aggarwal, S. (2024). Impact of dimensions of organisational culture on employee satisfaction and performance level in select organisations. IIMB Management Review, 36(3), 230–238. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2024.07.001

Christensen-Salem, A., Zanini, M. T. F., Walumbwa, F. O., Parente, R., Peat, D. M., & Perrmann-Graham, J. (2021). Communal solidarity in extreme environments: The role of servant leadership and social resources in building serving culture and service performance. Journal of Business Research, 135, 829–839. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.07.017

Fuerst, M. J., & Luetge, C. (2023). The conception of organizational integrity: A derivation from the individual level using a virtue‐based approach. Business Ethics, the Environment & Responsibility, 32(S1), 25–33. https://doi.org/10.1111/beer.12401

Fuerst, M. J., Luetge, C., Max, R., & Kriebitz, A. (2023). Toward organizational integrity measurement: Developing a theoretical model of organizational integrity. Business and Society Review, 128(3), 417–435. https://doi.org/10.1111/basr.12329

Gallego Giraldo, C., & Calderon-Hernandez, G. (2023). The contribution of strategic design, as intellectual capital, to organizational transformation. Journal of Organizational Change Management, 36(4), 541–560. https://doi.org/10.1108/JOCM-06-2022-0163

Hayes, J. (2014). The Theory and Practice of Change Management (4th ed.). Palgrave Macmillan.

Nanayakkara, K., & Wilkinson, S. (2021). Organisational Culture Theories. In A Handbook of Theories on Designing Alignment between People and the Office Environment (pp. 132–147). Routledge. https://doi.org/10.1201/9781003128830-12

Nguyen, N. P., Hang, N. T. T., Hiep, N., & Flynn, O. (2023). Does transformational leadership influence organisational culture and organisational performance: Empirical evidence from an emerging country. IIMB Management Review, 35(4), 382–392. https://doi.org/10.1016/j.iimb.2023.10.001

Osborne, D. (1993). Reinventing Government. In Public Productivity & Management Review, 16(4), 349–356. http://www.jstor.org/stable/3381012

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 Tentang Pembangunan Dan Evaluasi Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi Dan Wilayah Birokrasi Bersih Dan Melayani Di Instansi Pemerintah, Pub. L. No. 90, Permen PANRB (2021).

Pham, Thao. P. T., Van Nguyen, T., Van Nguyen, P., & Ahmed, Z. U. (2024). The pathways to innovative work behavior and job performance: Exploring the role of public service motivation, transformational leadership, and person-organization fit in Vietnam’s public sector. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(3), 100315. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100315

Piwowar-Sulej, K., & Iqbal, Q. (2024). A systematic literature review on spiritual leadership: antecedents, mechanism, moderators and outcomes. Journal of Organizational Change Management, 37(8), 18–35. https://doi.org/10.1108/JOCM-11-2023-0483

Raco, J. R. (2010). METODE PENELITIAN KUALITATIF JENIS, KARAKTERISTIK, DAN KEUNGGULANNYA (C. R. Semiawan, Ed.). PT Gramedia Widisarana Indonesia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (19th ed.). CV Alfabeta.

Published

2025-09-30

How to Cite

Adi Nugroho, G., Bahits Rizqulloh, A. D., & Budi Santosa, E. N. (2025). Best Practices Pembangunan Zona Integritas Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 15(2). https://doi.org/10.37525/sp/2025-2/1119