PERANAN DATA PENILAIAN FORMASI UNTUK MEMINIMASI KERUSAKAN FORMASI AKIBAT AKTIVITAS PEMBORAN

Authors

  • Asep Mohammad Ishaq

Abstract

Kerusakan formasi di sekitar lubang sumur pada lapisan produktif mengakibatkan berkurangnya aliran hidrokarbon ke dalam sumur. Kerusakan formasi dapat diidentifikasikan dengan adanya perubahan permeabilitas yang semakin kecil, antara lain disebabkan oleh adanya aktivitas pemboran yaitu invasi filtrat lumpur dan padatan yang menyumbat pori-pori batuan dan mengakibatkan penurunan permeabilitas. Permeabilitas yang semakin kecil menyebabkan terjadinya penurunan produksi.
Dalam mengidentifikasi kerusakan formasi memanfaatkan data penilaian formasi. Perolehan data penilaian formasi dilakukan dengan Analisa Inti Batuan, Analisa Fluida Reservoir, Well Logging dan Well Testing.
Dari perolehan data ini maka dapat dilakukan identifikasi dan analisa indikasi kerusakan formasi untuk pengambilan keputusan yang tepat dalam upaya pencegahan dan penanggulangan kerusakan formasi.

Published

2013-12-31

How to Cite

Ishaq, A. M. (2013). PERANAN DATA PENILAIAN FORMASI UNTUK MEMINIMASI KERUSAKAN FORMASI AKIBAT AKTIVITAS PEMBORAN. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 3(3). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/89

Issue

Section

Articles