Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Promosi Pada Jasa Layanan PPSDM Migas

Authors

  • Luita Yusniawati Dratistiana

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2023-2/558

Keywords:

efektivitas, media sosial, komunikasi, promosi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial sebagai sarana komunikasi dan promosi pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) untuk menjangkau masyarakat luas karena seperti diketahui bahwa perkembangan teknologi digital saat ini telah memberikan banyak kemudahan dalam kehidupan manusia, tanpa terkecuali dalam membentuk efektivitas media sosial dalam mendorong promosi instansi. Promosi dan pemasaran di media sosial biasanya menggunakan platform-platform online yang sering digunakan oleh masyarakat dunia. Adapun salah satu platform online yang digunakan oleh PPSDM Migas dalam pemasaran dan promosinya yaitu Instagram.

Metode yang bisa digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada responden yang merupakan pengguna media sosial Instagram PPSDM Migas. Kuesioner atau angket ini bertujuan untuk mengukur tingkat AIDA (Attention, Interest, Desire, dan Action) dari responden terhadap promosi jasa layanan PPSDM Migas di media sosial Instagram. Metodologi penelitian tersebut digunakan adalah untuk membuat deskripsi dan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-faka serta hubungan antar fenomenanya. Dengan segala upaya dilakukkan diharapkan dapat membuat promosi dan pemasaran lebih efektif dalam penggunaan media sosial yang dilakukan oleh PPSDM Migas.

References

Harto, B. (2022). Mobile Marketing dan Web Analytics. Dalam A. Wijaya, Jamaludin, B. Harto, & lainnya (Penyunting), The Art of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial (hal. 183-191). Bandung: Media Sains Indonesia.

Herlanti, Y. (2014). Pemanfaatan Media Sosial. Pada Pembelajaran Sains Berbasis Isu Sosiosaintifik Untuk Mengembangkan Ketrampilan Berargumentasi Dan Literasi Sains. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung.

Khairani, Zulia, Soviyant, E., & Aznuriyandi. (2018). Efektifitas Promosi Melalui Instagram pada UMKM Sektor Makanan dan Minuman di Kota Pekanbaru. Jurnal Benefita, 3(2), 239-247.

Nuraeni, S.D., & Suryawardani, B. (2017). Analisis Efektivitas Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Pt.Niion Indonesia Utama Pada Tahun 2017. e-Proceeding of Applied Science, 3(2), 280-285.

Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1).

Rusnandi, & Muhammad Rusli. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Diakses dari http://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahbani, M. F., & Widodo, A. (2017). Food Blogger Instagram: Promotion Through Social Media. Jurnal Ecodemica, 1(1).

Tri Haryanto, Agus. (2022, 16 November). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 210 Juta. Diakses dari https://inet.detik.com/telecommunication/d-6119064/jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-210-juta

Widyastuti, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Depok: FEB Universitas Pancasila Press.

Published

2023-12-28

How to Cite

Yusniawati Dratistiana, L. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Instagram Sebagai Media Komunikasi dan Promosi Pada Jasa Layanan PPSDM Migas. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 13(2), 65–72. https://doi.org/10.37525/sp/2023-2/558