ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS PENGOLAHAN MINYAK BUMI DENGAN PENERAPAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENSS (OEE) (STUDI KASUS: PPSDM MIGAS CEPU)

Authors

  • Ademas Permana Permana Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2024-1/493

Keywords:

OEE, Availability, Performance Rate, Quality Rate, Breakdown

Abstract

PPSDM Migas merupakan instansi pemerintah yang berada dibawah naungan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral. Kilang PPSDM Migas Cepu dapat memproduksi produk mencapai 280 kl/hari yang terbagi dalam jenis Pertasol CA, Pertasol CB, Pertasol CC, Solar dan Residu. Perawatan merupakan hal yang wajib dilakukan bagi setiap perusahaan bertujuan untuk memperpanjang waktu pemakaian mesin atau peralatan yang dapat menjamin keandalan mesin dalam melakukan proses produksi. Penelitian ini dilakukan di kilang PPSDM Migas karena memiliki breakdown mesin dan peralatan yang paling tinggi yang berakibat pada kinerja pengolahan minyak bumi menjadi kurang efektif dan efisien. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian untuk dapat mengukur efektivitas dari kegiatan pengolahan dengan menggunakan metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Dari perhitungan didapatkan nilai rata-rata OEE sebesar 96% dengan nilai availability sebesar 94%, nilai performance rate sebesar 99,50%, dan nilai sebesar 100%. Dari ketiga faktor nilai tersebut quality rate yang paling berpengaruh adalah nilai availability hanya sebesar 96% dan sudah memenuhi nilai standar rata-rata. Sehingga perlu dilakukan adanya peningkatan dalam optimaliasi kinerja untuk dapat mengurangi waktu breakdown yang terjadi.

References

Ariyah, H. (2022). Penerapan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) Dalam Peningkatan Efisiensi Mesin Batching Plant (Studi Kasus: PT. Lutvindo Wijaya Perkasa). Jurnal Teknologi dan Manajemen Industri Terapan, 1(2), 70-77.

Jono, J. (2015). Total Productive Maintenance (TPM) pada Perawatan Mesin Boiler Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE). Tekinfo: Jurnal Ilmiah Teknik Industri dan Informasi, 3(2), 47-62.

Nurwulan, N. R., & Fikri, D. K. (2020). Analisis produktivitas dengan metode OEE dan six big losses: studi kasus di tambang batu bara. Ikraith-Ekonomika, 3(3), 30-35.

Sahril, S. (2019). Analisis Perhitungan Overall Equipment Effectiveness (Oee) Untuk Peningkatkan Nilai Efektivitas Mesin Oven Line 7 Pada PT. UPA. (Doctoral Dissertation). http://unugha. ac. id.

Umasugi, M. C., Tukan, M., & Pattiapon, M. L. (2022). Analisis Efektivitas Perawatan Mesin Pembangkit Pada Pltd Sanana Dengan Menggunakan Metode Overall Equipment Effectiveness (OEE) dan Overall Resource Effectiveness (ORE). i tabaos, 2(3), 153-158.8.

Published

2024-05-14

How to Cite

Permana, A. P. (2024). ANALISIS PENGUKURAN EFEKTIVITAS PENGOLAHAN MINYAK BUMI DENGAN PENERAPAN METODE OVERALL EQUIPMENT EFFECTIVENSS (OEE) (STUDI KASUS: PPSDM MIGAS CEPU). Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 14(1), 21–30. https://doi.org/10.37525/sp/2024-1/493