The Risk Assessment Pada Pengoperasian Boiler TWA di Unit Boiler PPSDM MIGAS Cepu Menggunakan Metode HAZOP

Risk Assessment of TWA Boiler Operation at the PPSDM MIGAS Cepu Boiler Unit Using the HAZOP Method

Authors

  • Fitria Shinta Arizqi Institut Teknologi Sepuluh Nopember

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2023-2/468

Keywords:

Boiler, HAZOP, Identifikasi Bahaya

Abstract

PPSDM Migas Cepu merupakan sebuah Instansi Pemerintah Pusat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi di bawah kementerian ESDM. PPSDM ini mengolah crude oil dari PT Pertamina aset 4 Cepu, dimana nantinya crude oil ini diolah di unit pengolahan minyak PPSDM MIGAS. Area boiler merupakan bagian dari perusahaan yang memiliki kemungkinan potensi bahaya tinggi. Oleh karena itu, dilakukan identifikasi bahaya untuk meningkatkan keselamatan dan kesehatan kerja di area boiler dengan metode HAZOP. Berdasarkan identifikasi pada proses pengoperasian sistem boiler, didapatkan 4 node, yaitu sand filter, softener, deaerator, steam drum boiler. Penilaian risiko terdapat 3 kategori tingkat risiko, yaitu risiko sedang, rendah, dan tinggi. Risiko terbesar yaitu tinggi terdapat pada node steam drum dengan parameter pressure, level, dan temperature. Rekomendasi yang diberikan adalah dengan pemberian APD pada operator, mengontrol level air yang masuk ke dalam steam drum melalui by pass valve, membuang sebagian air dengan blow down valve, melakukan predictive maintenance pada pressure controller, serta pemasangan safety alarm.

References

Alijoyo, A., Wijaya, B. and Jacob, I. (2021) ‘A Hazard and Operability Studies’. Available at: www.lspmks.co.id.

British Standards Institution. (2001) ‘Hazard and operability studies (HAZOP studies) : application guide.’, (October), p. 58.

Jamilah, E., Yadi, Y. H. and Umyati, A. (2013) ‘Identifikasi Potensi Bahaya Dengan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP) Di Area Boiler PT. XYZ’, Jurnal Teknik Industri Universitas Ageng Tirtayasa.

PPSDM Migas (2016) ‘BUKU SEPUTAR BOILER PLANT’, PPSDM Migas. Available at: https://ppsdmmigas.esdm.go.id/id/Landing/tentang_kami.

UNSW Health and Safety. (2008). Risk Management Program. Canberra: University of New South Wales

Published

2023-09-19

How to Cite

Arizqi, F. S. (2023). The Risk Assessment Pada Pengoperasian Boiler TWA di Unit Boiler PPSDM MIGAS Cepu Menggunakan Metode HAZOP: Risk Assessment of TWA Boiler Operation at the PPSDM MIGAS Cepu Boiler Unit Using the HAZOP Method. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 13(2), 33–44. https://doi.org/10.37525/sp/2023-2/468