Pengisian Residu Ke Tangki Berbasis PLC Pada Unit Kilang Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak Dan Gas Bumi

Authors

  • sigit winantyo

DOI:

https://doi.org/10.37525/sp/2022-1/308

Keywords:

Residu, Tangki, PLC

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menuntut peralatan yang serba otomatis baik dunia industri, otomatisasi diperlukan untuk mengatur/mengendalikan jalannya produksi agar menghasilkan produk yang berkualitas dalam kuantitas yang besar. Kompleksitas pengolahan dan pengendalian proses–proses industri telah memacu usaha peningkatan dan perbaikan kinerja sistem yang mendukung proses yang ada agar semakin produktif, efektif, dan efisien. Salah satu bagian utama yaitu penggunaan sistem pengendalian (kontrol) proses industri. Umumnya untuk pengendalian proses–proses tersebut dilaksanakan dengan rangkaian relay. Namun sistem kontrol ini mempunyai ukuran yang relatif besar dan harganya cukup mahal. Maka dari itu dalam industri modern sistem kontrol proses industri umumnya merujuk pada otomatisasi sistem kontrol yang digunakan. Salah satu sistem kontrol yang sangat luas pemakaiannya yaitu Programmable Logic Controller, yang kemudian disingkat menjadi PLC. Definisi PLC menurut NEMA (National Electrical Manufacturer Association) pada tahun 1978 adalah “PLC adalah peralatan elektronika yang beroperasi secara digital dalam lingkungan industri menggunakan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan intruksi-intruksi yang mewujudkan fungsi khusus seperti logika, sekuensial, pewaktu, pencacah dan aritmatik untuk mengontrol berbagai macam mesin dan proses melalui modul input/output baik digital maupun analog. Program dibuat kemudian dimasukkan ke dalam PLC melalui programmer. Pembuatan program dapat menggunakan komputer sehingga dapat mempercepat hasil pekerjaan. PLC dapat digunakan untuk memantau jalannya proses pengendalian yang sedang berlangsung, sehingga dapat dengan mudah dikenali urutan kerja (work sequence) proses pengendalian yang sedang terjadi saat itu.

References

Puspaningrum, Desy Kurnia. (2019). Program Monitoring dan Otomasi Tangki Timbun dengan Sistem SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition) di Kilang PPSDM Migas, Pusat Pengembangan SDM Minyak dan Gas Bumi, Cepu.

Budi, Suko Handoyo. (2002). Programmable Logic Control (PLC). PPSDM MIGAS, Cepu.

Suprapto, Djoko. Ir. (1988). Proses Pengolahan Minyak dan Gas Bumi, PPT Migas, Cepu.

George, RA. (1994). Sistem Pengendalian Instrument dan Control Valve Cepu: Pengembangan Tenaga Perminyakan dan Gas Bumi (PPT MIGAS).

ITTP. (1981). Student Work Instrumentation Maintenance Module 5 Control Valves. Instrument Society of America.

S, Najono. (1994). Training Procedures Model SLPC Programmable Controller. Cepu: Pengembangan Tenaga Perminyakan dan Gas Bumi (PPT MIGAS).

Published

2022-04-14

How to Cite

winantyo, sigit . (2022). Pengisian Residu Ke Tangki Berbasis PLC Pada Unit Kilang Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak Dan Gas Bumi. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 12(1), 1–10. https://doi.org/10.37525/sp/2022-1/308