Mengenal Enhanced Oil Recovery (EOR) Sebagai Solusi Meningkatkan Produksi Minyak

Authors

  • Muhammad Ridwan Ansyori

Abstract

Produksi minyak dari sebuah reservoir secara alami pasti akan mengalami penurunan atau bahkan tidak dapat menghasilkan sama sekali. Kondisi tersebut tidak serta merta menggambarkan bahwa cadangan minyak di dalam reservoir sudah habis. Jika hanya mengandalkan metoda produksi primer kemungkinan besar masih sangat banyak minyak tersisa di reservoir, untuk itu diperlukan metoda produksi lanjutan untuk bisa menguras minyak yang masih banyak tersisa di reservoir. Metoda Enhanced Oli Recovery (EOR) akan memberikan solusi pengurasan terhadap minyak yang masih ada di dalam reservoir yang tidak dapat diambil dengan produksi primer. Namun untuk menerapkan metoda EOR diperlukan pemilihan yang tepat (screening) sehingga hasil yang didapatkan dapat optimum sesuai dengan biaya yang dikeluarkan.

References

Carcoana, Aurel, “Applied Enhanced Oil Recovery”, Prentice Hall, Inc, Englwood Cliffs, New Jersey, 1992.

Prats, Michael, “Thermal Recovery”, Second Printing, Society of Petroleum Engineers, New York, Dallas, 1986.

Septoratno, Kristanto, “Pengurasan Minyak Tahap Lanjut (Enhanced Oil Recovery)”, Jurusan Teknik Perminyakan-UPN Yogyakarta, 1999.

Stalkup, F.L, “Miscible Displacement”, Monograph Volume 8, Henry L. Doherty Series, SPE of AIME, New York, 1984.

Taber, J.J., and Martin, F.D., “Technical Screening Guides for Enhanced Recovery of Oil”, SPE 58th Annual Meeting, California, 1983.

www.nap.edu; www.npd.no; US. Dep. Of Energy.com; www.history.alberta.ca; http://media.licdn.com; classconnection.s3.com; Energy today.com

Published

2018-06-01

How to Cite

Ansyori, M. R. (2018). Mengenal Enhanced Oil Recovery (EOR) Sebagai Solusi Meningkatkan Produksi Minyak. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(2), 16–22. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/25

Issue

Section

Articles