Desain dan Pemilihan Material Casing Produksi Sumur Gas N dengan Kandungan CO2 dan H2S

Authors

  • M Ilham Farrohi PEM Akamigas Cepu

Keywords:

casing, h2s, co2

Abstract

Desain casing suatu sumur merupakan hal penting dalam suatu kegiatan pengeboran. Terlebih lagi jika sumur tersebut memiliki karakteristik tertentu yang memerlukan perhatian khusus. Sumur N merupakan sumur gas dengan kandungan CO2 dan H2S, sehingga dalam melakukan perencanaan pengeborannya diperlukan studi dan pembahasan lebih lanjut jika disbandingkan dengan sumur biasa. Well testing serta pengumpulan data sumur sekitar dilakukan untuk mengetahui kondisi formasi yang akan dibor. Selanjutnya data tersebut digunakan sebagai dasar desain casing sumur gas dengan kandungan CO2 dan H2S. Pada studi ini, desain casing yang dimaksud adalah desain casing produksi. Desain casing produksi dimulai dengan melakukan plot tekanan pori dan tekanan rekah sumur. Selanjutnya dari grafik tekanan pori dan tekanan rekah, ditentukan casing seat section. Setelah itu berdasarkan data yang ada, dilakukan perhitungan beban pada casing. Setelah casing lolos perhitungan beban, maka dilanjutkan dengan pemilihan material casing. Hal ini dilakukan karena adanya kandungan CO2 dan H2S pada sumur. Setelah casing telah melalui semua perhitungan beban maupun material, maka selanjutnya dilakukan pemilihan koneksi. Hasil akhir studi ini menunjukkan bahwa casing yang tepat untuk digunakan pada sumur N adalah casing 7 inch 80 ksi dengan berat 26 ppf serta menggunakan premium gas tight connection.

References

Adams, N. J., 1985, “Drilling Engineering A Complete Well Planning Approach”, Oklahoma, PennWell Publishing Company.
American Petroleum Institute, 2005, “Spesification for Casing and Tubing, API 5CT”, Washington D.C., API Publishing Services.
American Petroleum Institute, 1999, “Bulletin on Performance Properties of Casing, Tubing, and Drill Pipe”, Washington D.C., API Publishing Services.
Group, BG., 2001, “Well Engineering and Production Operations Management System, Casing Design Manual”
Medco Energi Oil&Gas, 2016, “Casing Design Guideline”, Jakarta, Medco E&P.
Prassl, W. F., “Drilling Engineering”, Curtin University of Technology.
Rabia, H., 2002, “Well Engineering & Construction”, Entrac Consulting.
Rubiandini, Rudi., 2012, “Teknik Operasi Pengeboran Volume 1”, Bandung, Institut Teknologi Bandung.
Tenaris, 2011, “Pipe Body Performance Properties Catalogue”, Tenaris

Published

2019-10-21

How to Cite

Farrohi, M. I. (2019). Desain dan Pemilihan Material Casing Produksi Sumur Gas N dengan Kandungan CO2 dan H2S . Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 9(2), 24–33. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/239