PENGGUNAAN METODE RESISTIVITY DALAM PEMANTAUAN TANAH URUGAN

Authors

  • Wahyu Budi Kusuma

Keywords:

geofisika, resistivity, tanah urugan

Abstract

Metode Geofisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang bumi dengan menggunaan pengukuran fisik pada permukaan atau bawah permukaan bumi. Metode resistivity merupakan salah satu metode geofisika yang mempelajari sifat aliran listrik di dalam bumi dan bagaimana cara mendeteksinya di permukaan bumi.
Metode resistivity kali ini digunakan untuk memantau kondisi tanah urugan. Lokasi yang dipilih adalah tanggul lumpur sidoarjo (LUSI) untuk mengetahui kondisi kejenuhan air di dalam tanggul berdasarkan nilai tahanan jenisnya dan membuat model penampang dua dimensi dari nilai tahanan jenis tanah. Metode resitivity memudahkan proses monitoring. Kelebihan dari metode ini adalah dapat dilakukan dengan cepat dan relatif murah.
Dari hasil evaluasi dapat diketahui bahwa timbunan tanggul di lokasi pengukuran memiliki zona jenuh air pada kedalaman 7 hingga 11 m (sekitar 4 m), kondisi ini harus diwaspadai sebagai zona lemah tanggul.

Published

2017-12-31

How to Cite

Kusuma, W. B. (2017). PENGGUNAAN METODE RESISTIVITY DALAM PEMANTAUAN TANAH URUGAN. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 7(1). Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/166

Issue

Section

Articles