Merancang Kelas Pembelajaran Kediklatan Yang Kondusif dengan Pendekatan NLP

Authors

  • Eva Faza Rif'ati

Keywords:

Metode Pembelajaran, Building Learning Commitment, Neuro Linguistic Programme, Aplikasi NLP pada pembelajaran kediklatan

Abstract

Salah satu tuntutan ASN pada dewasa ini adalah tuntutan untuk meningkatkan kompetensi masing masing profesi dalam menunaikan pekerjaan sehari hari, yang salah satunya diperoleh dari proses kediklatan. Dalam hal ini, ASN adalah orang dewasa sebagai peserta diklat pada kegiatan belaja mengajar tidak dapat diperlakukan seperti anak-anak didik biasa yang sedang duduk di bangku sekolah. Oleh sebab itu, harus dipahami bahwa orangdewasa yang tumbuh sebagai pribadi dan memiliki kematangan konsep diri bergerak dari ketergantungan seperti yang terjadi pada masa kanak-kanak menuju ke arah kemandirian atau pengarahan diri sendiri. Penulis sebagai salah satu tenaga pengajar pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Minyak dan Gas Bumi, berupaya membahas tantangan kediklatan dengan perkembangan bahwa tantangan kediklatan adalah bagaimana membelajarkan orang dewasa melalui pendidikan andragogi (orang dewasa) dapat dilakukan dengan berbagai metoda dan strategi yang diperlukannya. Pendekatan NLP sebagai upaya membangun Building Learning Commitment peserta diklat agar konsep dari peserta diklat yang sudah terbangun menjadi sumber belajar bersama dalam proses pembelajaran kediklatan yang kondusif.

Published

2018-03-01

How to Cite

Rif’ati, E. F. (2018). Merancang Kelas Pembelajaran Kediklatan Yang Kondusif dengan Pendekatan NLP. Swara Patra : Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 8(1), 38–47. Retrieved from http://ejurnal.ppsdmmigas.esdm.go.id/sp/index.php/swarapatra/article/view/14

Issue

Section

Articles