PERAWATAN POMPA FEED SENTRIFUGAL MULTI STAGE DI UNIT BOILER

MAINTENANCE OF MULTI STAGE CENTRIFUGAL FEED PUMPS IN THE BOILER UNIT

Authors

  • Galih Adi Nugroho PPSDM Migas

DOI:

https://doi.org/10.37525/mz/2023-2/486

Keywords:

Pompa, Perawatan

Abstract

Pompa feed sentrifugal multi stage merupakan salah satu komponen penting dalam sistem unit boiler yang berfungsi untuk mengalirkan air umpan (feed water) ke dalam boiler untuk proses pembentukan uap. Kinerja pompa feed yang optimal sangat krusial dalam menjaga efisiensi dan kehandalan operasi unit boiler. Oleh karena itu, penanganan perawatan yang baik sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya gangguan dan kerusakan yang dapat menyebabkan downtime dan biaya pemeliharaan yang tinggi. Salah satu metode perawatan yang dianjurkan adalah dengan metode ISMO. Metode ini menghitung nilai kerumitan pompa berdasarkan parameter tertentu. Kemudian nilai tersebut baru dikonversi ke tahapan perencanaan perawatan apa saja yang perlu dilakukan beserta jangka waktunya.  Dengan menerapkan metode dan praktik perawatan yang tepat, diharapkan kinerja pompa feed sentrifugal multi stage di unit boiler dapat tetap optimal, mengurangi risiko kegagalan dan downtime, serta meningkatkan efisiensi dan kehandalan operasi keseluruhan unit boiler. Untuk pompa feed sentrifugal multi stage PPSDM Migas diperoleh rencana perawatan sebanyak 17 kali dalam waktu 3 tahun sesuai dengan siklus perawatan ISMO serta pada tahun ke 3 yaitu pada siklus ke 18 akan dilakukan overhaul pompa sentrifugal.

References

Garg, H.P. (1976). Industrial Maintenance. New Delhi: S. Chand. Perencanaan perawatan ISMO.

Indonesia, P. T. G. (1994). Torishima Pump Handbook.

Isa, M., & Alhaffis, F. (2019, December). Perencanaan Perawatan Berdasarkan Metode Ismo Pada Pompa Sentrifugal Type Y3-160M2-2 di PDAM Cabang Sungai Pakning. In Seminar Nasional Industri dan Teknologi (pp. 243-251).

Sularso, & Tahara, H. (1987). Pompa dan kompresor: pemilihan, pemakaian dan pemeliharaan. Pradnya Paramita.

Sularso, H. T. (2000). Pompa & Kompresor, pemilihan, pemakaian, dan pemeliharaan, cetakan ketujuh, jakarta. Pradnya Paramita.

Published

2023-11-25

How to Cite

Adi Nugroho, G. (2023). PERAWATAN POMPA FEED SENTRIFUGAL MULTI STAGE DI UNIT BOILER: MAINTENANCE OF MULTI STAGE CENTRIFUGAL FEED PUMPS IN THE BOILER UNIT. Jurnal Nasional Pengelolaan Energi MigasZoom, 5(2), 109–118. https://doi.org/10.37525/mz/2023-2/486