Analisis Load Flow pada Kilang dan Utilitas PPSDM MIGAS

Authors

  • Raihan Ramadhan Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.37525/mz/2023-1/348

Keywords:

ETAP, Energy, Load Flow, Electric Power System

Abstract

Di era globalisasi ini teknologi berkembang dengan sangat cepat, yang artinya bahwa hal tersebut akan berdampak pada penggunaan energi listrik yang semakin meningkat. Konsumsi energi listrik tidak hanya terbatas pada daerah konsumen saja, melainkan energi listrik juga dikonsumsi pada skala industri besar hingga kecil. Kita sadari kebutuhan akan studi aliran daya dalam perencanaan sistem tenaga listrik yang baik diperlukan untuk menentukan sistem operasi terbaik. Metode yang digunakan dalam penyelesaian aliran daya adalah Newton-Raphson. Metode tersebut dilakukan secara manual yang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi dan waktu komputasi yang lambat. Sehingga perhitungan aliran daya untuk sistem tenaga listrik di PPSDM MIGAS seharusnya dilakukan dengan program komputer yaitu ETAP (Electrical Transient Analyzer Program). ETAP merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menganalisis sistem tenaga listrik secara rinci, mulai dari daya hingga jaringan. Dalam melakukan analisis tenaga listrik yang baik penggunaan ETAP sangat diperlukan sebagai acuan pembuatan sistem operasi yang ideal dan dapat meminimalisir terjadinya kesalahan atau gangguan pada sistem tenaga listrik. Hasil yang diperoleh adalah simulasi aliran daya pada sistem distribusi PPSDM MIGAS tidak mengalami overload, hal ini dikarenakan total beban yang digunakan di PPSDM MIGAS tidak melebihi kapasitas yang disediakan oleh PLTD PPSDM MIGAS.

References

Circuit Globe. Newton Rhapson Method. https://circuitglobe.com/newton-raphson-method.html

Palaloi, S. (2009). Tahapan Mendisain Sistem Pembangkit Tenaga Listrik. Jurnal Ilmiah Tek Energi, 1(8), 41-57.

Pandapotan, S. (2015). Penggunaan ETAP 12. 6 Sebagai Software Analisis Power Quality. Tek. Elektro, Prodi Tek. List. Negeri Jakarta, 1, 123-127.

Pratama, S. P., Hayatullah, W., Yakut, F. M., & Umam, M. F. (2021). Analisa Performa Generator Set Diesel PLTD Terhadap Perubahan Beban di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi. Swara Patra: Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 11(1), 15-27.

Supriyadi, A. (2016). Analisa Aliran Daya Pada Sistem Tenaga Listrik Menggunakan Software ETAP 12.6. Swara Patra: Majalah Ilmiah PPSDM Migas, 6(3).

Published

2023-06-30

How to Cite

Ramadhan, R. (2023). Analisis Load Flow pada Kilang dan Utilitas PPSDM MIGAS. Jurnal Nasional Pengelolaan Energi MigasZoom, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.37525/mz/2023-1/348