Pengembangan Model Gas Conditioning Unit dalam Sistem Seal Gas di Kompresor Sentrifugal: Studi Kasus Kerusakan Dry Gas Seal

Authors

  • Riswan Saputra Oil and gas

DOI:

https://doi.org/10.37525/mz/2021-1/272

Abstract

Dry gas seal merupakan komponen penting dalam sistem sealing di kompresor sentrifugal. Suplai seal gas yang masuk ke dalam dry gas seal harus memenuhi  spesifikasi yang telah ditetukan berdasarkan API 692. Namun dalam kenyataan dilapangan kerusakan dry gas seal sering terjadi salah satunya akibat kontaminasi dari suplai seal gas yang akan masuk ke dalam dry gas seal. Kontaminasi sulfur dalam process gas yang bersifat korosif menjadikan umur dan keandalan dari dry gas seal berkurang. Di tambah dengan pemilihan model gas conditioning unit yang kurang tepat akan menghasilkan kualitas suplai seal gas di luar spesifkasi yang telah ditetapkan. Dalam penelitian ini untuk mendapatkan kualitas suplai seal gas yang baik dilakukan pengembangan dalam gas conditioning unit yang ada yaitu desain seal gas strainer menggunakan tipe dupleks dan penggantian tipe strainer, pergantian ukuran seal gas filter dari 0,3 micron ke 0,1 micron dan penggunaan coalescing filter, perbaikan seal gas heater dan pemasangan heat tracing di jalur pipa suplai seal gas, dan pergantian komponen seal gas booster. Metode penelitian yang digunakan dengan studi literatur dari berbagai referensi dan penelitian sebelumnya, pengambilan data di lapangan dan analisa hasil temuan menggunakan PROACT method. Dari hasil analisa dapat disimpulkan bahwa pengembangan model gas conditioning unit dalam sistem seal gas memberikan dampak yang positif terhadap keandalan dari dry gas seal di kompresor sentrifugal ini.

References

Alvarado, V., & Manrique, E. (2010). Enhanced oil recovery: an update review. Energies, 3, 1529e1575.

Caudle, B., & Dyes, A. (1958). Improving Miscible Displacement by Gas-Water Injection.

Davarpanah, A. (2018). A Feasible Visual Investigation for Associative Foam Polymer Injectivity Performances in the Oil Recovery Enhancement. Eur. Polym. J.

Eastoe, J., Hatzopoulos, M. H., & Tabor, R. (2013). Microemulsions. In T. Tadros (Ed.), Encyclopedia of Colloid and Interface Science (pp. 688e729). Springer Berlin Heidelberg.

John S. E. (2002). Recovery of Sulfur from Sour Acid Gas: Review of the Technology. Environmental Progress, 143-162.

Rachmat, S. (2011). Reservoir Minyak dan Gas Bumi. Buku Pintar Migas Indonesia.

Ayu Wandira Bande, Djamaluddin, & Hasbi Bakri. (2016). Analisis Penanganan Konsentrasi Hidrogen Sulfida Dalam Minyak Bumi Lapangan Tiaka Kabupaten Morowali Utara Provinsi Sulawesi Tengah. Jurnal Geomine, 4(2), Agustus 2016.

Angelika Permatasari, Faisal Harris, & Utik Dwi Pratiwi. (2016). Teknologi Pengolahan Gas Alam, Gas Alternatif Energi Ramah Lingkungan. Engineer Weekly.

ExxonMobil. (2015). Solutions for sour gas treating problems, FlexsorbTM Technology.

Latino, Robert. J., & Latino, Kenneth. C. (2002). Root Cause Analysis: Improving Performance for Bottom-line Results (Second Edition). CRC Press.

Uptigrove, Stan. O., Eakins, Paul. S., & Sears, John. E. (1996). Dry Gas Seal Developments and Contamination Prevention. IPC 1996-1986, International Pipeline Conference.

Flowserve Flow Division Solutions. (1999). Gaspac Compressor Gas Seals. Flowserve Corporation, Dortmund.

Sutherland, Ken. (2008). Filters and Filtration Handbook (Fifth Edition). Butterwort-Heinemann, Elsevier Limited.

Shahin, I. (2016). Gas Seal Performance and Startup Condition Enhancement with Different Seal Groove Geometries. Journal of Aeronautics and Aerospace Engineering, 5(4).

Yan Wang, Qiong Hu, Jianjun Sun, Da Wang, & Xiaoqing Zhen. (2019). Numerical Analysis of T-Groove Dry Gas Seal with Orientation Texture at the Groove Bottom. Advances in Mechanical Engineering, 11(1), 1-12. journals.sagepub.com/home/ade.

Published

2021-06-30

How to Cite

Saputra, R. (2021). Pengembangan Model Gas Conditioning Unit dalam Sistem Seal Gas di Kompresor Sentrifugal: Studi Kasus Kerusakan Dry Gas Seal. Jurnal Nasional Pengelolaan Energi MigasZoom, 3(1), 21–30. https://doi.org/10.37525/mz/2021-1/272